1. Pengertian dan Arti Penting Komunikasi
Secara umum komunikasi merupakan hubungan yang wajar dilakukan oleh
orang per-orang atau satu kelompok dengan kelompok lain sehingga pada
akhirnya akan menimbulkan interaksi sosial. Sehingga dapat disimpulkan
interaksi sosial terjadi karena adanya interkomunikasi.
Komunikasi adalah proses komunikasi oleh dua makhluk sosial. Menurut
bahasa yang berasal dari bahasa latin “communicare” yang memiliki tiga
kemungkinan yaitu “to make common”, “cum+munus” yang berarti memberi
sesuatu untuk hadiah, dan “cum+munire” yang berarti membangun pertahanan
bersama. Kemudian dalam bahasa inggrisnya yaitu “communication”.
Sedangkan menurut istilah, komunikasi yaitu (a.l. Ruben, 1992: 11; R
Loose, 1999: 1; Devito, 1986: 5):
Istilah
komunikasi atau dalam bahasa inggris communication yang berasal dari kata Latin
communis yang berarti sama. Sama dalam
hal ini maksudnya yaitu sama makna.(Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A.,
2011).
2. Jenis dan Proses Komunikasi
a. Komunikasi Langsung
Komunikasi ini dilakukan dalam menyampaikan berita, laporan maupun
perintah, antara komunikator kepada komunikan, sehingga komunikan dapat
merespon apa yang terjadi juga diterima oleh komunikator.
b. Komunikasi Tidak Langsung
Jika dalam menyampaikan berita dilakukan melalui perantara, misalnya
orang lain atau secara tertulis, maka ini adalah jenis komunikasi tidak
langsung. Namun komunikasi ini akan menunda umpan balik dari komunikan.
c. Komunikasi
Lisan
Komunikasi
lisan merupakan komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh
jarak dimana ada dua pihak yang saling bertatap muka.
d. Komunikasi
Tertulis
Komunikasi
tertulis merupakan komunikasi yang terjadi secara tidak langsung akan tetapi
melalui media tertulis seperti surat, naskah, dan lain-lain.
e. Komunikasi
Formal
Komunikasi
yang terjadi dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang caranya telah diatur
dalam struktur organisasi.
f. Komunikasi
Informal
Komunikasi
yang terjadi dalam sebuah perusahaan yang caranya tidak diatur dalam struktur
organisasi.
g. Komunikasi
Nonformal
3. Komunikasi Efektif
Proses
komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal.
3. Komunikasi Efektif
Komunikasi
efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang
lain yang dapat terlihat dalam proses komunikasi. Dengan kata lain komunikasi
ini merupakan komunikasi yang berhasil sehingga dampaknya terlihat
Berikut
ini merupakan hal yang dapat dijadikan ukuran untuk komunikasi efektif, yaitu:
# Pemahaman
4. Implikasi Manajerial
Dapat kita ketahui sebelumnya makna dari implikasi itu sendiri adala terlibat, dan dari manajerial yang berasal dari kata manajer adalah keterampilan. Jadi Implikasi manajerial itu sendiri adalah suatu keterlibatan yang dihubungkan dari temuan-temuan yang menghasilkan suatu keterampilan dalam suatu komunikasi organisasi. Implikasi manajerial merujuk kepada manajemen:
Daftar Pustaka
Merupakan
penerimaan atau penafsiran yang cermat oleh komunikan sehingga dapat mengerti
maksud dari hal yang ingin disampaikan oleh komunikator.
# Kesenangan
Apabila
komunikasi efektif terjadi diantara komunikan dan komunikator maka mereka akan
merasa saling senang.
# Mempengaruhi
Sikap
Jika
komunikator berhasil merubah sikap dan tindakan komunikan maka dapat dikatakan
bahwa komunikasi efektif sudah terjadi.
# Memperbaiki
Hubungan
Hubungan
yang tidak baik dapat membuat komunikasi tidak berjalan dengan semestinya,
sehingga agar komunikasi efektif maka diperlukan tindakan memperbaiki hubungan
terlebih dahulu.
# Tindakan
Mendorong
komunikan untuk melksanakan tidakan yang sesuai dengan keinginan komunikator.
4. Implikasi Manajerial
Dapat kita ketahui sebelumnya makna dari implikasi itu sendiri adala terlibat, dan dari manajerial yang berasal dari kata manajer adalah keterampilan. Jadi Implikasi manajerial itu sendiri adalah suatu keterlibatan yang dihubungkan dari temuan-temuan yang menghasilkan suatu keterampilan dalam suatu komunikasi organisasi. Implikasi manajerial merujuk kepada manajemen:
- Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
- implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan
Daftar Pustaka
- Katin, Istiqomah. 2013. Jenis-jenis Komunikasi. The Achiever. http://istikatin.blogspot.com/2013/10/jenis-jenis-komunikasi_2026.html. 18 Maret 2014. 14.30 WIB.
- Thoha, Miftah. 1993. Perilaku Organisasi : konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
- Pace R. Wayne and Faules, Don F, Komunikasi Organisasi, ROSDA, Bandung 2000
- Mufid, Muhammad (2005). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, Jakarta: Prenada Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar